Makalah
Simbiosis Mutualisme antara
Mahasiswa dan Dosen
Di Fakultas Dakwah UIN SUKA
Pendidikan merupakan salah satu
faktor utama dalam pembentukan karakter bangsa. Pendidikan berperan dalam
membentuk baik dan buruknya suatu bangsa kedepannya, diharapkan sistem
pendidikan yang baik akan membentuk pribadi seseorang yang berkualitas sehingga
menjadikan bangsa ini juga berkualitas.Reformasi pendidikan merupakan respon
terhadap perkembangan tuntutan global sebagai suatu upaya untuk mengadaptasikan
sistem pendidikan yang mampu mengembangkan sumber daya manusia untuk memenuhi
tuntutan zaman yang sedang berkembang. Melalui reformasi pendidikan, pendidikan
harus berwawasan masa depan yang memberikan jaminan bagi perwujudan hak-hak
azasi manusia untuk mengembangkan seluruh potensi dan prestasinya secara
optimal guna kesejahteraan hidup di masa depan.
Dalam hal ini mahasiswa sebagai
calon-calon intelektual dan cenekiawan di masa depan (Suwono, 1978). Mampu
menjadi solusi dalam berbagai problem yang ada di bangsa ini, berkualitas
tidaknya mahasiswa setelah lulus itu bisa dilihat dari proses pembelajaran
mereka selama berada di perguruan tinggi dan sistem pendidikan yang ada di
perguruan tinggi itu sendiri. Dalam dunia mahasiswa ada klasifikasinya
tersendiri pertama mahasiswa
kupu-kupu adalah mahasiswa yang kerjaannya kuliah pulang-kuliah pulang
klasifikasi ini cenderung biasanya diidentikan dengan mahaiswa yang apatis
karena biasanya mahaiswa jenis ini cenderung tidak peduli terhadap keadaan
lingkungan sekitarnya jiwa apatis nantinya akan sangat bahaya ketika mahasiswa
sudah lulus kemudian berbaur di masyarakat karena sebenarnya kenapa kehidupan
bangsa ini semakin rusak bukan karena orang jahat semakin banyak, tapi semakin
banyak orang yang memilih tidak peduli hingga siapapun yang menjadi pemimpin
mereka tidak mau tau.
Kedua
mahasiswa
kura-kura adalah mahasiswa yang kerjaanya kuliah rapat-kuliah rapat mahasiswa
ini biasanya cenderung hiperaktif selalu peka dan ingin tahu apa yang terjadi
di lingkungan sekitar, diskusi dan membaca buku menjadi santapan sehari-harinya
namun jangan sampai hanya sebatas wacana yang kemudian hanya akan menjadi
angan-angan belaka nantinya.
Ketiga
mahasiswa
kunang-kunang adalah mahasiswa yang senangnya kuliah dan nangkring bisa
dikatakan mahasiswa ini mempunyai hobi traveling (jalan-jalan) mahasiswa jenis
ini biasanya mempunyai relasi yang cukup banyak.
Dalam proses pendidikan di universitas
mahasiswa dan dosen adalah dua elemen yang sangat berkaitan erat tidak ada
dosen kalau tidak ada mahasiswanya begitu sebaliknya, selain tenaga pengajar
dosen juga berfungsi sebagai pembimbing bukan sebagai manusia yang mempunyai
otoritas selalu mengatur mahasiswanya bahkan hingga ke wilayah ideologi, dalam
hal ini mahasiswa seharusnya sebagai pelaku pendidikan bukan objek pendidikan
sehingga kreatifitas mahasiswa menjadi terkungkung oleh nilai yang menjadi
ancaman apabila tidak mengikuti apa yang di perintahkan oleh dosen.
Ada pokok penting yang harus
diperhatikan dalam hubungannya dosen dan mahasiswa yaitu terkait simbiosis
mutualisme yang ada, antara mahasiswa dan dosen itu apakah sudah terjalin
hubungan yang yang saling menguntungkan, dengan melihat kondisi rill di
Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ternyata hal itu tidak berjalan
dengan baik dibuktikan banyak mahasiswa Fakultas Dakwah yang mengeluh mengenai
dosennya ada banyak permasalahan yang dialami oleh mahasiswa Fakultas Dakwah
terkait dosennya diantaranya dosen yang kurangmenguasai mata kuliah yang
ampunya, sering memindah jadwal mendadak sehingga mahasisawa merasa di rugikan
dan yang lebih parahnya lagi dosen yang selalu mengangap dirinya paling benar
semua argument mahasiswa itu salah.
Di lain hal mahasiswa juga banyak yang
menganggap dirinya paling benar sehingga perkuliahan dianggap hanya sebuah
proses pencarian nilai bukan proses pencarian ilmu, dari permasalahan diatas
dapat kita ambil beberapa point penting agar mahasiswa dan dosen bisa saling
menguntungkan antara dosen sebagai pengajar atau pembimbing dan mahasiswa
sebagai pelaku pendidikan bukan sebagai objek pendidikan yang selama ini
berlaku di Fakultas Dakwah sehingga kebijakan selalu di pegang oleh pihak dosen
dan Dekanat.
Kemudian pola komunikasi seperti apa
yang harus kita bangun agar simbiosis mutualisme antara mahasiswa dan dosen di
Fakultas Dakwah ini bisa berjalan dengan baik diantaranya:
1.
Dosen harus memfungsikan mahasiswa itu
sebagai pelaku pendidikan bukan sebagai objek pendidikan, karena sampai saat
ini nyatanya banyak dosen yang menjadikan mahasiswanya itu sebagai objek
didikan seperti anak TK ( Taman Kanak-kanak).
artinya ketika mahasiswa ini sebagai pelaku
pendidikan nantinya dosen memposisikan
dirinya sebagai teman diskusi dan berbagi ilmu.
2.
Komunikasi yang intens harus dilakukan
secara berkala antara dosen dan mahasiswa baik di dalam kelas maupun mengadakan
diskusi-diskusi di luar jam kelas maka dengan komunikasi yang baik tidak aka
nada istilah saling menyalahkan karena
kesalah pahaman tetapi lebih ke saling memahamkan.
3.
Melibatkan mahasiswa dalam pengambilan
kebijakan yang dilakukan oleh dosen dan pihak dekanat misalnya dalam tata
tertib yang di buat di Fakultas, merancang kurikulum dan lain sebagainya. Hal
ini bisa memanfaatkan lembaga kemahasiswaan di kampus sebagai organisasi
pemerintahan yang ada di lingkungan mahasiswa, sehingga ketika mahasiswa
mengetahui alas an dari pengambilan kebijakan tersebut dan tidak kaget
tiba-tiba kebijakan itu sudah ada, apalagi kebijakan itu sangat merugikan
mahaiswa yang lebih parahnya lagi dalam pembuatan kurikulum mahasiswa di
berikan mata kuliah yang sama sekali tidak pas dengan yang ada di jurusannya
masing-masing.
Ketiga point di atas dapat kita jadikan
sebagai acuan bahwa bahwa simbiosis mutualisme antara dosen sangatlah penting
khususnya untuk kemajuan Fakultas Dakwah sendiri umumnya bagi bangsa Indonesia,
agar dapat saling bekerja sama dalam memajukan dan mensinergikan keilmuan umum
dan islam agar dapat menjadi media dakwah yang jitu guna menghadapi tantangan
globalisasi yang sangat mengerikan.
Mummys Gold Casino - JammyHub
BalasHapusMummys 문경 출장안마 Gold Casino. Mummys Gold 경주 출장마사지 Casino. 897 Casino 바카라 Drive, Oxford, 의정부 출장샵 AL, 경주 출장샵 AL. (334) 863-7334. Email, mummysgoldcasino@gmail.com.